Minggu, 09 November 2014

Analisa PT Unilever, Tbk


Pengertian Organisasi
Organisasi adalah alat atau wadah berasal dari bagian-bagian yang diintegrasikan sedimikian rupa sehingga terkait satu dengan yang  lainnya terhadap keseluruhannya yang diciptakan oleh manajemen untuk mencapai tujuan yang dinginkan
Pengertian organisasi dapat pula di bagi menjadi 2 yaitu :
  1.  Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tenpat dimana kegiatan kerjasama dijalankan antara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan.
  2.  Dalam arti dinamis yaitu setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organisasi, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi atau di singkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi.

Arti dari Manajemen itu sendiri adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaa pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia  dan sumberdaya lainnya.
Disamping itu di dalam suatu organisasi perlu adanya cara pekerjaan dengan benar dan berhasil untuk mencapai tingkat efisien yang maksimal dengan mempertimbangkan tujuan,tenaga kerja, waktu dan lain-lain yang tersedia atau disebut dengan Tata Kerja.
Ketiga unsur diatas merupakan hal yang saling terkait satu dengan yang lain. Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja adalah suatu proses yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya suatu organisasi dan suatu tata kerja untuk mengatur jalannya organisasi dengan baik agar mendapatkan tujuan yang maksimal.
            Berdasarkan pengertian diatas dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang salah satu perusahaan ternama dengan Home Product yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari.
Unilever adalah salah satu perusahaan niaga dimana tujuan dibentuknya perusahaan ini tidak lain adalah bertujuan untuk mencari keuntungan, dengan produk unggulan Home Product, Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonresia

Berikut adalah profil perusahaan PT. Unilever Tbk :
UNILEVER INDONESIA Tbk,PT
PROFIL PERUSAHAAN :
Alamat                         : Graha Unilever Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 15 Jakarta 12930
Telepon                       : (021) 526 2112
Faksimili                      : (021) 526 2044
Bidang Usaha              : Kosmetik dan Kebutuhan Rumah Tangga
Website                       : http://www.unilever.co.id

Dan berikut adalah strutur organisasi dari PT. Unilever Tbk :
 


Tentang Perusahaan :

PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini  disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000. Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933. 

Visi kami

Produk Unilever telah menyentuh sekitar 2 milyar orang setiap hari, baik itu melalui perasaan yang luar biasa karena mereka memiliki rambut yang kemilau dan senyum yang menawan, membuat rumah mereka segar dan bersih, atau dengan menikmati secangkir kopi, makanan yang lezat atau snack yang sehat.

 Arah yang jelas

Empat pilar utama dari visi kami menggambarkan arah jangka panjang dari perusahaan – kemana tujuan kami dan bagaimana kami menuju ke arah sana:
·      Kami bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik setiap hari
·      Kami membantu orang-orang merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan brand dan pelayanan yang baik bagi mereka dan bagi orang lain
·      Kami menjadi sumber inspirasi orang-orang untuk melakukan hal kecil setiap hari yang dapat membuat perbedaan besar bagi dunia
·      Kami akan mengembangkan cara baru dalam melakukan bisnis dengan tujuan membesarkan perusahaan kami dua kali lipat sambil mengurangi dampak lingkungan
Kami selalu percaya akan kekuatan brand kami dalam meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang dan dalam melakukan hal yang benar. Semakin bertumbuhnya bisnis kami, meningkat pula tanggung jawab kami. Kami mengenali tantangan global seperti perubahan iklim yang menjadi kepedulian kita bersama. Mempertimbangkan dampak yang lebih luas dari tindakan kami selalu menyatu dalam nilai-nilai kami dan merupakan bagian fundamental mengenai siapa diri kami.
  
KANTOR CABANG
Pabrik : Jl Rungkut Industri IV/5-11 Tenggilis Mejoyo Surabaya Jawa Timur

Contoh merk produk Unilever berdasarkan kategori 
  1. Food & Refreshment


  1. Home & Personal Care





Berbicara tentang ciri dari suatu perusahaan Unilever termasuk dalam ciri organisasi modern karena memenuhi syarat sebagai berikut :
  •   Unilever adalah organisasi yang bertambah besar mengingat pertumbuhan penjualan yang terus      meningkat. Berikut adalah laporan penjualan Unilever tahun 2013

Penjualan Bersih
Selama tahun 2013, Unilever Indonesia berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp30,8 triliun, meningkat 12,7%  dari tahun 2012. Penjualan ini berasal dari dua segmen usaha, yaitu Home and Personal Care dan Foods and Refreshment. Kontribusi masing-masing segmen tersebut terhadap penjualan bersih tahun 2013 adalah sebagai berikut: Home and Personal Care 72,9%; Foods and Refreshment 27,1%.
           

         

Dan sepanjang kuartal I/2014, PT Uniliver Indonesia Tbk (UNVR) telah mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 15,2% dari Rp7,6 triliun menjadi Rp8,7 triliun.

  • Pengolahan data semakin cepat. Sebagai contoh penyajian data Harga Saham per 10 Terakhir  dengan grafik akan mempercepat dan mempermudah informasi yang diterima oleh para pemegang saham atau investor


  •  Penggunan staf lebih intensif. Efektifitas dan efisiensi dalam pembuatan laporan dan sebagainya
  •  Kecenderungan spesialisasi, mempekerjakan staf yang profesional sesuai dengan bidang yang ditekuninya.
  • Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi. Meliputi tujuan dan Prinsip Unilever

I. Tujuan
Tujuan Unilever adalah membawa kesuksesan yang memerlukan “Standar tertinggi dari perilaku perusahaan terhadap setiap orang yang bekerja dengan Unilever, komunitas yang mereka sentuh dan lingkungan yang terdampak dari pekerjaan mereka”.


II. Prinsip kerja Unilever

a.      Selalu bekerja dengan integritas
Beroperasi dengan integritas dan rasa hormat pada orang-orang, sentuhan bisnis mereka pada organisasi dan lingkungan selalu menjadi pusat dari tanggung jawab perusahaan.
b.      Dampak Positif
Unilever bertujuan memberikan dampak positif dengan berbagai cara: melalui brand, melalui kegiatan komersial dan hubungan dengan Unilever, melalui kontribusi sukarela, serta berbagai cara lain dimana Unilever berhubungan dengan masyarakat.
c.       Komitmen yang berlanjut
Unilever juga berkomitmen untuk terus meningkatkan cara dalam menangani dampak lingkungan dan bekerja dengan tujuan jangka panjang mereka dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan.
d.      Menjalankan aspirasi
Tujuan Unilever telah memberikan aspirasi bagi mereka untuk mengelola bisnis. Hal ini diperkuat peraturan mereka dalam prinsip-prinsip bisnis yang menjelaskan standar operasional yang diikuti semua karyawan Unilever, dimanapun mereka berada diseluruh dunia. Aturan ini juga mendukung pendekatan mereka pada pemerintah serta tanggung jawab perusahaan.
e.       Bekerja dengan yang lain
Unilever ingin bekerja dengan para penyedia sumber daya yang memiliki nilai dan standar yang sama dengan mereka dalam bekerja. Peraturan tentang rekanan bisnis, sejalan dengan peraturan prinsip bisnis mereka, terdiri dari sepuluh prinsip yang meliputi integritas bisnis dan tanggung jawab yang berhubungan dengan karyawan, konsumen dan lingkungan.
f.       Unsur organisasi lebih lengkap. Yang termasuk dalam unsur organisasi adalah :
§  Manusia(Man)
Berisi orang-orang atau pekerja yang dikelompokan menurut divisi masing-masing pekerja dimana di masing-masing divisi tersebut terdapat pemimpin / manajer yang mengatur para pekerja agar dalam pelaksanaanya dapat bekerja pada fungsinya masing-masing.
§  Kerjasama
Saling mambantu antara para manajer, administrator, dan pekerja sehingga dapat secarabersama-sama mewujudkan tujuan bersama.
§  Tujuan Bersama
Menggambarkan tentang arah yang dituju atau yang diharapkan. Juga bisa diartikan sebagai titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan.
§  Peralatan (Equipment)
Semnua unsur sarana dan prasarana yang digunakan berupa materi,mesin-mesin, uang dan barang modal lainnya (tanah, gedung dsb).
§  Lingkungan
Faktor keadaan sosial, budaya, ekonomi dan teknologi dapat mempengaruhi kebijakan yang akan diambil perusahaan dalam strategi, anggaran dan peraturan-peraturan yang diterapkan.
§  Kekayaan alam
Ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan utama pembuatan produk
§  Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi


Demikianlah hal yang dapat saya sampaikan, apabila terjadi kesalah dalam penulisan ini mohon dimaafkan
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Sumber :
http//www.ghabo.com/gpedia/index.php/UNILEVER_INDONESIA_Tbk,_PT
http://www.unilever.co.id/id/aboutus/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar